Syekh Subakir, Babad Tanah Jawa

Syekh Subakir, sangat berjasa dalam menumbali tanah Jawa, ”Dalam legenda yang beredar di Pulau Jawa dikisahkan. Sudah beberapa kali utusan dari Negeri Arab, untuk menyebarkan Agama Islam di tanah Jawa khususnya, dan Indonesia pada umumnya tapi telah gagal.

Disebabkan orang-orang Jawa pada waktu itu masih kokoh memegang kepercayaan lama. Dengan tokoh-tokoh gaibnya masih sangat menguasai bumi dan laut di sekitar P Jawa.

Para ulama yang dikirim untuk menyebarkan Agama Islam mendapat halangan yang sangat berat, meskipun berkembang tetapi hanya dalam lingkungan yang kecil, tidak bisa berkembang secara luas. Secara makro dapat dikatakan gagal. Maka diutuslah Syekh Subakir untuk menyebarkan agama Islam dengan membawa batu hitam yang dipasang oleh Syekh Subakir di seantero Nusantara, untuk tanah Jawa diletakkan di tengah-tengahnya yaitu di gunung Tidar . Efek dari kekuatan gaib suci yang dimunculkan oleh batu hitam menimbulkan gejolak, mengamuklah para mahluk : Jin, setan dan mahluk halus lainnya.

Beliau Syekh Subakir lah yang mampu meredam amukan dari mereka. Akan tetapi mereka sesumbar dengan berkata: “ Walaupun kamu sudah mampu meredam amukan kami, kamu dapat mengembangkan agama Islam di tanah Jawa, tetapi Kodratullah tetap masih berlaku atas ku, ingat itu wahai Syeh Subakir.”

“Apa itu?” kata Syekh Subakir. Kata Jin, “Aku masih dibolehkan untuk menggoda manusia, termasuk orang-orang Islam yang imannya masih lemah”.

Katanya Syekh Subakir berasal dari Iran ( dalam riwayat lain Syekh Subakir berasal dari Rum). Syeh Subakir diutus ke Tanah Jawa bersama-sama dengan Wali Songo Periode Pertama, yang  diutus oleh  Sultan Muhammad I dari Istambul, Turkey,  untuk berdakwah di  pulau Jawa pada tahun 1404,  mereka  diantaranya:

  1. . Maulana Malik Ibrahim, berasal dari Turki, ahli mengatur negara.
  2. Maulana Ishaq, berasal dari Samarkand, Rusia Selatan, ahli pengobatan.
  3.  Maulana Ahmad Jumadil Kubro, dari Mesir.
  4. Maulana Muhammad Al Maghrobi, berasal dari Maroko.
  5. Maulana Malik Isro’il, dari Turki, ahli mengatur negara.
  6. Maulana Muhammad Ali Akbar, dari Persia (Iran), ahli pengobatan.
  7. Maulana Hasanudin, dari Palestina.
  8. Maulana Aliyudin, dari Palestina.
  9. Syekh Subakir, dari Iran, Ahli menumbali daerah yang angker yang dihuni jin jahat.

Pencarian Terkait

Tags: #Babad Tanah Jawa #sufi #Syekh Subakir #tasawuf #wali

Sufi Kaya Raya
Suatu hari, seorang guru menyuruh muridnya untuk berguru kepada seorang sufi ternama. Setelah
Kisah Abu Yazid al Busthami, Kitab Tadzkirotul Auliya
Kakek Abu Yazid al-Busthami adalah seorang penganut agama Zoroaster. Ayahnya adalah seorang di
Makna Puasa secara Sufistik
Bagaimana pandangan kaum sufi pada umumnya, mengenai hakikat ibadah, terutama Makna Puasa ?
Ibnu Arabi, Sufi Pemikir Besar dari Spanyol
Ibnu Arabi, yang  nama lengkapnya Abu Bakr Muhammad ibn ‘Ali ibn Ahmad ibn
  1. author

    hadi9 tahun ago

    da buku tentang syekh subakir yang saya pernah baca, meski tipis tapi disitu ada gambaran sedikit tentang beliau.. saya mendapatkannya ditoko boku pondok Al Falah ploso Kediri

  2. author

    mbahlanggeng9 tahun ago

    trs makam syeh subakir yg asli dimn???? yg kutahu ada yg digunung tidar,ada jg blitar . aku dah 2 kali sungkem ke g.tidar, di eyang nya. aku orang kediri

  3. author

    Dhana9 tahun ago

    Ada sumberlain yang kira-kira menarik di http://waliyullahtanahjawi.blogspot.com/2010/06/syekh-subakir-pasiran-lumajang.html apakah kira-kira sama?

  4. author

    zack10 tahun ago

    saya jg pernah dengar tuh sebenarnya yang ngumpulin makhluk halus di laut selatan(makhluk2 halus dr seluruh wilyh nusantara dan sekitarnya) jg syech Subakir

  5. author

    TANTO10 tahun ago

    Syekh Subakir memang salah satu tokoh penting dalam Islam, namun banyak dilupakan orang. Seharusnya kita kembali melihat sejarah yang ada untuk belajar dalam menjalani kehidupan kedepannya
    http://www.ustadztanto.blogspot.com

  6. author

    Hoax10 tahun ago

    apakah ini merupakan kebenaran sejarah……?

  7. author

    amr10 tahun ago

    dr mana anda dpt info ttg batu hitam itu? apa sy subakir yg menurut anda dr iran nama sebenarnya ato tdk? jk tdk siapa nm aslinya? th dr mana?

  8. author

    amr10 tahun ago

    dapat darimana anda tahu tentang batu hitam yang anda tls? sy kok jd tertarik.siapa pl nama sebenarnya sy subakir yg dr iran?

  9. author

    Mulyadi10 tahun ago

    Assalamualaikum wr wb,
    Alhamdulillahirrobbil’alamin
    Shalawat & salam semoga senantiasa tercurah bagi Nabi Agung Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat serta pengikutnya hingga akhir zaman.
    InsyaAllah bila kita datangi daerah Pakis, 15 km arah Kopeng dari Magelang, tepatnya di PP Surya Buana, kita akan memperoleh beberapa hal yg masih erat kaitannya dgn Kanjeng Syekh Subakir dan Wali Sanga, dll.

  10. author

    Ahmad77710 tahun ago

    Knapa jawa yg pilih bukan wilayah lain, sbagai pusat penyebaran islam ?? apa beliou2 itu menagih janji alloh swt, karena Islam akan bangkit yg kedua kalinya dari timur.. kebangkitan Islam terjadi tidak begitu aja. Tentunya ada proses dg bnyk pengorbanan, darah,harta dan laen-laennya dan skrg sdh tampak embrio2nya. Apa ini arti dari pintu ka’bah yg berada di timur?

    • author

      TANTO10 tahun ago

      Pulau Jawa kenapa terpilih sebagai sentral penyebaran agama Islam dikarenakan pulau jawa memiliki pengaruh terhadap wilayah lain di nusantara yang sangat kuat, sebagai contoh kerajaan di jawa dari kediri, Majapahit, Pajajaran, dan lain sebagainya banyak mempengaruhi daerah sampai di Afrika. Itulah makanya Jawa begitu penting bagi Islam
      http://www.ustadztanto.blogspot.com

1 2 3 4

Tinggalkan pesan "Syekh Subakir, Babad Tanah Jawa"