Bangun / Renovasi Rumah

Mengapa Yerusalem Diperebutkan Sejak Zaman Dahulu

loading...

Yerusalem, merupakan salah satu kota tertua di dunia dan yang paling diperebutkan sejak ribuan tahun silam. hal ini dikarenakan, Yerusalem menjadi sebuah kota suci dari tiga agama besar, yakni Yahudi, Kristen, dan juga Islam. Berikut ini beberapa fakta singkat mengenai kota suci tersebut.

Kota ini disebut sebagai kotanya Nabi Daud. Dimana dalam kitab Taurat/perjanjian lama, Raja Daud telah berhasil merebutnya dari tangan bangsa Jebusit pada tahun 1000 SM. Dan Raja Daud ini pun menjadikan kota tersebut sebagai pusat kerajaan dan juga keagamaan bangsa yahudi.

Selain itu, dahulu kala kota Yerusalem ini juga menjadi rebutan dari Babilonia dan Persia, dimana saat itu Babilonia telah merebut kota tersebut dan memenjarkan kaum Yahudi serta menghancurkan Kenisah mereka. lalu Raja Sirius Agung dari Persia berhasil menumbangkan Babilonia dan membebaskan kaum Yahudi serta membangun kembali kuil mereka.

Copyright ©bbc

Sejak tahun 63 M, kota Yerusalem ini berada dibawah kekuasaan kekaisaran Romawi. Dan perlawanan dari bangsa Yahudi ditahun 66 M ini akhirnya dimenangkan Romawi, sehingga kuil mereka pun kembali dihancurkan. Dan bangsa Romawi dan Bizantium telah menguasai Palestina selama 600 tahun lamanya.

Dan pada tahun 637 M, dibawah pimpinan Khalifah Umar, para tentara muslim berhasil menguasai Yerusalem. Dan di era penduduk muslim inilah penguasa yang saling berusuhan dan juga dari berbagai mazhab islam silih berganti mengguasai kota bersejarah tersebut.

Kota tertua di Timur Tengah ini pun juga menjadi saksi terjadinya Perang Salib yang begitu melegenda. Dimana sejak Kekhalifahan Ustmaniyah/Seljuk pada tahun 1070 M, ia terus memperluas kekuasaannya. Dan hal ini membuat kaum kristen merasa terancam, sehinga Paus Urban II pun mencanangkan Perang Salib.

Dan dalam 200 tahun selanjutnya ada sekitar 5 kali perang memperebutkan Yerusalem, namun pada tahun 1244 akhirnya pasukan dari Kristen kalah total dari tentara muslim sehingga menguasai kota itu lagi.

Pencarian Terkait

Tags: #Yerusalem

Wali Paidi, Sandal Berdzikir
Wali Paidi tidak tahu apa yang dialaminya saat ini. Dia sering mendengar benda-benda
DETIK-DETIK WAFATNYA RASULULLAH YANG MEMBUAT UMAT MUSLIM MENITIKKAN AIR MATA
DETIK-DETIK WAFATNYA RASULULLAH Mari kita simak sebuah kisah yang sangat mengharukan… dan mungkin
Wali ini Wafat, 150 Hari Kemudian Hidup Lagi
Wali ini Wafat, 150 Hari Kemudian Hidup Lagi, Setiap Wali memiliki karomahnya sendiri-sendiri.
Ketika Syeh Jangkung Bersyahadat di Hadapan Sunan Kudus
Syeh Jangkung berSyahadat Waktu yang diminta oleh Saridin untuk mempersiapkan diri telah dipenuhi.Dan

Tinggalkan pesan "Mengapa Yerusalem Diperebutkan Sejak Zaman Dahulu"