Jin Qarin dan Malaikat Qarin Yang Mendampingi Manusia

Menurut keyakinan umat Muslim bahwa, pada umumnya Jin Qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat ketika hendak membaca Al-Quran dan sebagainya. Dan ia bekerja sekuat tenaga untuk menghalang dampingannya membuat ibadah dan kebaikan.para malaikat, wujud malaikat,qorin,qarin

loading...
loading...

Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah mengutus Malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak membuat kebaikan. Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Jin Qarin yang mendampingi Muhammad telah memeluk Islam, sehingga  Nabi Muhammad selalu terjaga dari kesalahan.

Al-Qur’an telah menjelaskan tentang adanya Qarin dalam surah Az Zukhruf . “ Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran). Kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (Az Zukhruf 43:36) ”

 

Hadits mengenai Qarin pun telah dicatat oleh Imam Ahmad dan Imam Muslim, Muhammad bersabda kepada Abdullah Mas’ud, “Setiap kamu ada Qarin daripada bangsa jin, dan juga Qarin daripada bangsa malaikat.

Qarin Pendamping Rosulullah

Mereka bertanya: “Engkau juga ya Rasulullah.” Sabdanya: “Ya aku juga ada, tetapi Allah telah membantu aku sehingga Qarin itu dapat kuislamkan dan hanya menyuruh aku dalam hal kebajikan saja.”

Dalam kisah yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah, bahwa ketika tiba giliran Iblis untuk meminta, iapun berkata. “Ya Tuhanku, manusia (Adam) inilah yang telah Engkau muliakan atasku, kalau Engkau tidak memperhatikannya, aku tidak akan kuat menghadapinya.” Allah berfirman yang artinya. “Tidak akan dilahirkan seorang anak dari nya kecuali dilahirkan pula seorang anak dari bangsa kamu.” Iblis berkata lagi, “Ya Tuhanku, berilah tambahan kepadaku.”

Allah s.w.t. berfirman, “Kamu dapat berjalan berjalan ditubuh mereka seperti mengalirnya darah dan kamu dapat membuat hati mereka sebagai rumah-rumah untuk kamu.”

Baca juga:  Bentuk Fisik Malaikat Jibril Ruhul Qudus

Yang dimaksud dengan qarin dalam surat Qaaf 50:27 ialah yang menyertai. Setiap manusia disertai “Qarin dari kalangan Jin”. Allah berfirman, artinya:
“ Yang menyertai dia (qarin) berkata pula: ‘Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkan tetapi dialah (manusia) yang berada dalam kesesatan yang jauh… (QS Qaaf 50:27) ”
Manusia dan qarinnya itu akan bersama-sama pada hari berhisab nanti.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Aisyah ra mengatakan: Rasulullah SAW keluar dari rumah pada malam hari, aku cemburu karenanya. Tak lama ia kembali dan menyaksikan tingkahku, lalu ia berkata: “Apakah kamu telah didatangi syetanmu?” “Apakah syetan bersamaku?” Jawabku, “Ya, bahkan setiap manusia.” Kata Nabi Muhammad SAW. “Termasuk engkau juga?” Tanyaku lagi. “Betul, tetapi Allah menolongku hingga aku selamat dari godaannya.” Jawab Nabi (HR Ahmad).

Berdasarkan hadits ini, Nabi Muhammad juga ternyata didampingi qarin. Hanya qarin itu tidak berkutik terhadapnya. Lalu bagaimana mendeteksi keberadaan jin (misalnya di rumah kita), apa tanda-tanda seseorang kemasukan jin? Tidak ada cara atau alat yang bisa mendeteksi keberadaan jin.

Tundukkan Qorinmu Sendiri

Sebab jin dalam wujud aslinya merupakan makhluk ghaib yang tidak mungkin dilihat manusia.“ Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. (Al-A’raf 7:27)

Manusia yang biasa tidak mampu melihat jin, melainkan mereka yang telah diizinkan Allah. Di dalam Al-Quran melarang sama sekali kita meminta pertolongan kepada Jin, ini membuktikan terdapat beberapa bilangan manusia yang mampu melihat dan berbicara dengan mereka.

Ada juga sesetengah ahli agama yang tersilap bicara diatas nafsu mereka seperti mengatakan Jin memakan asap padahal perkara ini tidak disebut sama sekali didalam Al-Quran.
“ …dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin. Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan. (Al-Jin 72:6)

Baca juga:  Syeh Abdul Qodir Jailani: Bisikan Jiwa

Lalu Bagaimana dengan kita, apakah qorin kita sudah menjadi Islam? atau qarin kita malah menyesatkan kita?

loading...

Recent search terms:

Tags: #Bangsa Jin #Mahluk Gaib #Malaikat

Tahajudmu Tidak Berguna Jika Melakukan Hal Ini
Alkisah ada ahli ibadah bernama Abu bin Hasyim yg kuat sekali tahajudnya. Hampir
Saat Sakaratul Maut Tiba
Ibnu Abi Ad-Dunya rahimahullah meriwayatkan dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu 'anhu, ia berkata:
Tempat-tempat Paling Mustajam untuk Berdoa
Inilah tempat-tempat paling mustajab itu:loading... loading... 1. Saat Thawaf, tidak ada bacaan wajib
Iman Yang Paling Menakjubkan, Lebih Menakjubkan dari Malaikat
Iman nya Siapa yang paling menakjubkan? Bukan imannya Malaikat ataupun Nabi bahkan Rosulullah.loading...
  1. author

    Prastyo8 bulan ago

    Masyaa Allaah.

    Artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih buat walijo.com
    Semoga senantiasa memberi kamanfaatan bagi kita semua, Aamiin.

    Balas
  2. author

    sayyid8 bulan ago

    Assalamualaikum wr.wb,

    “Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)

    yg menyertai manusia seumur hidupnya adalah hawa nafsunya(syetan) yg selalu menyertainya.
    keduanya dicampakkan ke neraka.(manusia tersebut dan hawa nafsunya yg buruk).

    para nabi/rasul adalah maksum, mereka dapat mengandalikan hawa nafsunya.

    Allah menciptakan jin untuk mengabdi kepadaNYA bukan untuk mendampingi manusia, padahal Allah sendiri telah melarang manusia untuk bergaul dengan jin.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid

    Balas
  3. author

    Mohamad Supriyadi4 tahun ago

    Subhanallah

    Balas
  4. author

    assalyan4 tahun ago

    Tulisan yg bagus, kalau dlm artikel ini dituliskan ilmu atau cara meneladani Nabi Muhammad SAW dlm menundukkan jin qorinnya, maka tulisan ini menjadi lengkap.

    Balas

Tinggalkan pesan "Jin Qarin dan Malaikat Qarin Yang Mendampingi Manusia"