Inilah Tahap Tahap Dzikir Kepada Allah swt

Tahap Tahap Dzikir, Dzikir Dalam upaya mendekatan diri kepada Allah, Selain melaksanakan ibadah-ibadah yang diwajibkan , sebaiknya kita juga melaksanakan ibadah-ibadah lain yang sunnah.. Diantaranya adalah ibadah sholat sunnah, memperbanyak sodaqoh maupun memperbanyak dzikir kepada Allah swt.tahap dzikir

loading...
loading...

Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang dzikir. Secara harfiah Dzikir berarti ingat, tentu saja ingat kepada Allah swt. Tujuan kita beribadah adalah untuk mengingat kepada Allah. Karena sesungguhnya dzikir itu diperintahkan oleh Allah untuk mengingat Dia ditiap ruang dan waktu. Ketika malam atau siang, ketika kaya atau miskin, di waktu sehat atau sakit. Singkatnya dalam keadaan apapun dan bagaimanapun, tidak dibatasi uzur apapun.

Dzikir merupakan upaya untuk mensucikan hati kita, dari kotoran-kotoran hati yang dengan sengaja atau tidak telah kita menjadi hijab bagi kolbu

 

Tahap Tahap Dzikir :

  •  * Dzikir Lisan: dzikir ini diucapkan dengan lisan, ada yang melaksanakannya dengan suara keras tapi ada yang lebih suka dengan pelan-pelan.
  •  * Dzikir Nafas: dalam melaksanakan dzikir ini pengucapan bacaannya seiring dengan irama keluar-masuknya udara dalam kita bernafas.
  •  * Dzikir posisi: melaksanakan dzikir dalam posisi tertentu, tidak bergerak sedikitpun, dalam jangka waktu tertentu pula.
  •  * Dzikir qolbu atau hati: dalam dzikir qolbu bacaannya dibaca dalam hati
  •  * Dzikir Sirri atau rahasia: Proses dzikir yang satu ini adalah sangat rahasia ketika dzikir ini dilaksanakan hanya pedzikir dan yang dituju (Allah) saja yang tahu. Makhluk lain tidak ada yang bisa mengetahuinya bahkan malaikatpun tidak tahu.

Dalam melaksanakan Tahap Tahap Dzikir tersebut haruslah dibimbing oleh Pembimbing yang telah mumpuni ( Mursyid, Guru, atau istilah lain yang banyak sekali).

Baca juga:  Surga Yang ada dalam Al Qur'an, Kamu Pilih Mana

Insya Allah akan kita bahas lebih rinci dan gamblang satu persatu dalam posting yang akan datang..

 

loading...

Recent search terms:

Tags: #Cara Dzikir #dzikir #dzikir kolbu #Dzikir Makrifat #Dzikir Para Wali #dzikir ruh #dzikir sirri #Nafas yang Berdzikir #Tahapan dalam Dzikir

Kewalian adalah prinsip dasar dari jalan Tasawuf
Sesungguhnya, wali-wali Allah itu tak ada ketakutan bagi mereka, dan tidak pula bersedih
Ajaran Tasawuf: Mahabbah, Syauq
* Ajaran Tasawuf:  Mahabbah: kecenderungan kepada Allah secara paripurna, mengutamakan urusan-Nya atas diri
Kenali Jenis Jenis Nafsu Lalu Kendalikan Nafsumu
Jenis Jenis Nafsu terdiri dari dua golongan yaitu Nafsu yang baik dan nafsu
Hakekat Fana, al-Qusyairi
al Qusyairi, yang wafat pada tahun 465 H,ijriyyah  Karya al-Qusyairi yang sangat Fenomenal adalah
  1. author

    Iva11 bulan ago

    Dzikir Jahar :La illaha illallah minimal 165 X
    Dzikir kohfi : Tak terbatas

    Balas
  2. author

    Masrial Mas5 tahun ago

    Ass.wr wb. Kalu kita memperhatikan sesuatu di alam jagat raya ini, trus trbesit dalam hati kekuasaan dan kebesaran Allah SWT lalu kita memuji Allah dengan merendahkan diri kita yg hina dina ini. Apakah itu termasuk Do’a juga…? kemudian ada gangguan bisikan dlm hati untuk menghalang-halangi. Apakah menjadi sumbing Iman kita…?

    Balas
  3. author

    Gupuh Winarto6 tahun ago

    Assalamualaikum Wr Wb,

    Mudah-mudahan saya diterima ngangsu kawruh disini, walau hanya lewat coment. Pripun mbah……?

    Balas
  4. author

    Mas Eddy..7 tahun ago

    Muwajahah, (TAWAJJUH)
    ►artinya saling berhadapan, adalah sikap menghadapnya hamba pada Tuhannya tanpa sedikit dan sejenak pun berpaling dariNya, tanpa alpa dari mengingatNya. Allah menemui dengan CahayaNya dan hamba menghadapnya dengan Sirrnya, hingga sama sekali tidak ada peluang untuk melihat selainNya, dan tidak menyaksikan kecuali hanya Dia.
    MAJELIS NAQS

    Balas
  5. author

    rista7 tahun ago

    Assalammu’alaikum wr wb. Yang dimaksud disini dzikir yg bgaimana?
    Bacaan yg bgaimana jika dikategorikan dari maqom?
    Bukankah smua dzikir tidak dibedakan dgn maqom?semua sama? Tidaklah yg tau maqom seseorang hanya Alloh?
    Maaf dan terima kasih

    Balas
    • author

      biqi7 tahun ago

      Ketika Seseorang memiliki nafas bersama asmaNYa,maka dia memiliki seluruh waktu dalam hidupnya.Tapi ketika dia memiliki saat,dia kehilangan nafas.ketika dia memiliki hari,dia kehilangan saat.ketika dia memiliki minggu,dia kehilangan hari.ketika dia memiliki bulan,dia kehilangan minggu.ketika dia memiliki tahun,dia kehilangan bulan.ketika dia merasa memiliki hidupnya,maka dia kehilangan seluruh waktunya.

      Balas
  6. author

    huda8 tahun ago

    dzikir qolbu kan macam macam bacan nya..terkadang ketika sy lg berdzikir A, tanpa sengaja hati telah berubah berzikir dengan bacaan b, jadi maksut saya apakh hal seperti ini hati langsung berdzikir sesuai apa yang dibutuhkan pada diri ini…

    Balas
    • author
      Penulis

      Walijo8 tahun ago

      Salam, Sahabat Huda. Dzikir Kolbu memang bermacam-macam bacaannya, berbeda-beda tergantung dari tingkatan atao Maqom ataupun pada kondisi kebutuhan diri, Ketika Anda berdzikir A , tetapi kondisi diri Anda membutuhkan dzikir B. atau bisa juga Anda belum siap untuk dzikir A. Bisa juga Anda belum saatnya untuk berdzikir A, jadi lebih baik Anda mematangkan dulu dzikir b tersebut. Selamat berjuang semoga Anda berhasil meningkatkan Maqom Anda dan Allah Ta’ala selalu meridhoi kita, amin.

      Balas
  7. author

    yuni8 tahun ago

    ass wr wb, boleh sy bertanya … kl ada zikir dlm hati kt selagi kt dlm keadaan bicara at apapun ,.. itu zikir apa namanya… krn sy pernah mengalaminya tp skrg sdh hilang …
    trimaksh.. wassalam.

    Balas
    • author
      Penulis

      Walijo8 tahun ago

      Wa alaika salam, Mungkin yg Mbak Yuni Maksud zikir Qolbu, Bacaan nya bermacam2, di sini yg berdzikir adalah hatinya, jd tubuh bisa saja mengerjakan kegiatan seperti biasa. insya Allah Bab Dzikir Qolbu jg akan kita bahas nanti…….
      terima kasih atas responnya..
      salam,

      Balas

Tinggalkan pesan "Inilah Tahap Tahap Dzikir Kepada Allah swt"